Pages

Selasa, 08 Oktober 2013

Program Utama C++

MEMBUAT PROGRAM UTAMA MENGGUNAKAN C++

Pada praktikum kali ini saya menggunakan Borland C++
ketikan sintak dibawah ini untuk membuat program dasar / program paling sederhana dari C++  :

#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main ()
{
clrscr;
cout<<" Selamat Datang di STMIK Duta Bangsa Surakarta"<<endl;
getch ();
}

Penjelasan Program :

#include <iostream.h>
kalimat yang diawali dengan tanda '#' adalah are preprocessor directive. Bukan merupakan baris dari kode yagn dieksekusi, tetapi indikasi untuk kompiler. Kalimat #include <iostream.h> memberitahukan preprocessor kompiler untuk menyertakan header file standar iostream. file spesifik ini juga termasuk library deklarasi standar I/O pada C++ dan file ini disertakan karena fungsi-fungsinya akan digunakan nanti dalam program.

int main ()
baris ini mencocokan pada awal dari deklarasi fungsi main. fungsi main merupakan titik awal dimana seluruh program C++ akan mulai dieksekusi. Diletakan di awal, ditengah atau akhir program, isi dari fungsi main akan selalu dieksekusi pertama kali. pada dasarnya, seluruh program C++ memiliki fungsi main.
main diikuti oleh sepasang tanda ' () ' karena merupakan fungsi. pada C++, semua fungsi diikuti oleh sepasang tanda kurung ' () ' dimana, dapat berisi argumen didalamnya. Isi dari fungsi main selanjutnya akan mengikuti, berupa deklarasi formal dan dituliskan diantara kurung kurawal ({}), seperti contoh saya diatas.

cout<<" Selamat Datang di STMIK Duta Bangsa Surakarta";
intruksi ini merupakan hal yang paling penting dalam program contoh. cout merupakan standar output stream dalam C++ (biasanya monitor). cout dideklarasikan dalam header file iostream.h, sehingga agar dapat digunakan maka file ini harus disertakan
Perhatikan setiap kalimat diakhiri dengan tanda semicolon (;).Karakter ini menandakan akhir dari instruksi dan harus disertakan pada setiap akhir instruksi pada program C++ manapun.



0 komentar:

Posting Komentar